Instagram Memperkenalkan Iklan IGTV, Monetisasi Instagram TV



Kabar baik untuk konten kreator instagram, karena aplikasi milik Facebook mengumumkan bahwa mereka akan mulai menjalankan iklan di IGTV, itu artinya instagram akan segera memberi influencer cara untuk menghasilkan uang dari konten Anda dengan berbagi pendapatan yang dibuat dari iklan video.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang melalui IGTV Ads

Instagram mengumumkan bahwa mereka meluncurkan iklan ke IGTV, nantinya sang kreator dapat menghasilkan uang melalui video durasi panjang. Metode yang digunakan instagram adalah membagi pendapatan, metode ini sudah lama digunakan oleh YouTube, yang memberi para kreator sebagian dari uang yang dihasilkan dari iklan di video mereka.

Selain menguji Iklan IGTV, Instagram juga menambahkan kemampuan bagi pengguna atau penonton untuk memberikan "lencana" yang mirip dengan tip uang selama video Instagram Live. Fitur semacam ini sebelumnya telah tersedia untuk pengguna di platform seperti Twitch.

Prosesnya mirip dengan pembayaran streamer Stars Facebook untuk streamer game, atau opsi Obrolan Super YouTube. Di Instagram, pengguna akan dapat membeli lencana yang berbeda, mulai dari $0,99 untuk satu hati, hingga $4,99 untuk tiga hati. Seperti dicatat oleh Instagram, streamer kemudian akan dapat melihat lencana di sebelah nama pemirsa in-stream, sehingga mereka dapat memberi mereka teriakan dan berterima kasih atas dukungan mereka.

Sejak IGTV pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 sebagai platform video vertikal, IGTV kurang peminat dan tidak sesuai dengan yang diharapkan instagram. Dalam 18 bulan setelah peluncuran Juni 2018, kurang dari 1% pengguna Instagram mengunduh aplikasi IGTV. Instagram juga menghapus tombol oranye untuk portal IGTV dari aplikasinya pada Januari setelah melihat minat yang kurang bagus.

IGTV belum terlalu populer dengan influencer, dan  popularitas video vertikal telah direbut oleh aplikasi TikTok. Namun bagi hasil pemasukan iklan Instagram yang sekitar $20 miliar pada 2019 dapat membantu membangkitkan kembali minat pembuat konten di platform.

Cara Monetisasi Instagram (IGTV Ads)

Dua perubahan menghasilkan uang di instagram ini akan mulai diluncurkan minggu pertama di bulan Juni untuk "sekelompok kecil kreator dan pengiklan" di AS. Pihak instagram tidak memberikan waktu yang pasti kapan fitur akan diluncurkan ke semua kreator, tetapi  pihaknya mengatakan berlahan akan memperluas akses tersebut.

Nah jadi fitur IGTV Ads ini belum bisa diaktifkan oleh kreator secara global, mari kita tunggu di update berikutnya, semoga Indonesia bisa cepat merasakan fitur IGTV Ads, agar konten kreator instagram bisa menghasilkan uang tambahan.

Akun Instagram (@creators) mengatakan "Mulai minggu depan, kami memperkenalkan iklan di IGTV. 🎉 Kami tahu pencipta menginvestasikan banyak waktu untuk menghasilkan video yang lebih panjang untuk IGTV dan kami ingin mendukung mereka dengan membagikan pendapatan iklan dengan mereka. Sekarang berkat iklan IGTV, mereka memiliki cara baru untuk mendapatkan uang dari 🔥 konten yang mereka buat sangat sulit untuk dibuat. Kami akan mulai menguji iklan IGTV dengan sekelompok kecil kreator dan pengiklan di AS, dan akan berkembang perlahan seiring berjalannya waktu".

Kebijakan Komentar: Silahkan tulis komentar Anda sesuai dengan topik "Instagram Memperkenalkan Iklan IGTV, Monetisasi Instagram TV".
Buka Komentar